RANKING EXEL UNTUK PARA GURU

Membuat ranking secara otomatis pada Microsoft Excel

Artikel ini saya tulis karena saya masih sering menjumpai rekan-rekan, terutama guru yang membuat ranking pada Excel dengan cara manual. Biasanya mereka membuat ranking dengan mengurutkan nilai rata-rata dari yang paling besar sampai yang paling kecil, kemudian membuat kolom baru yaitu kolom ranking, untuk kemudian diberi ranking 1 sampai terakhir, lalu data akan disorting lagi berdasarkan abjad atau nomor absen siswa.
Cara tersebut tidaklah salah, namun menurut saya masih kurang efektif karena memerlukan beberapa langkah.

Untuk membuat ranking secara otomatis, Excel sudah menyediakan fasilitas, yaitu dengan menggunakan rumus RANK. bentuk penulisan rumus RANK itu sendiri sebagai berikut :

=RANK(number,ref,order)

keterangan :
number = alamat sel nomor awal data yang akan dirankingkan / data paling atas
ref = alamat range seluruh data yang akan dirankingkan
order = jenis pengurutan, apakah dari besar ke kecil ( Descending ) atau dari kecil ke besar ( Ascending ) jika diurutkan secara Descending, maka pada order diberi nilai 0, namun jika diurutkan secara Ascending, maka pada order diberi nilai 1.

Contoh kasus :
Kita akan mencari ranking berdasarkan nilai rata-rata dari data berikut ini :


Kita arahkan pointer ke sel D2, di mana kita akan membuat ranking, kemudian pada formula bar ketikkan 
=RANK(C2,$C$2:$C$11,0) kemudian tekan tombol ENTER.
*ingat, tanda dollar ($) pada range digunakan supaya ketika rumus kita copy tidak akan terjadi auto numbering (mengurutkan secara otomatis)

  

Setelah kita berhasil menemukan ranking untuk data siswa pertama, maka kita tinggal copy saja rumusnya ke bawah ( klik ujung kanan bawah kotak sel sampai menemukan tanda +, lalu drag ke bawah ).


Berikut ini adalah hasil yang kita peroleh

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar