PERKEMBANGAN BAHASA ANAK
Sebelum
ke perkembangan bahasa, apa sih pengertian dari bahasa itu? Bahasa
itu tentunya untuk alat komunikasi dengan orang lain. Dan bahasa itu
sangat penting bagi manusia, karena manusia adalah makhluk sosial yang
berinteraksi dengan lingkungannya.
anak sekolah dasar dalam berbahasa terus
berkembang, dari mulai satu kalimat, dan seterusnya. Untuk itu perlu
kita telusuri apa saja perkembangan bahasa yang dialami oleh perserta
didik. Tentunya bagi sorang guru itu perlu mengetahui bagaimana
perkembangan bahasa perserta didiknya. Perkembangan bahasa pada usia
sekolah yaitu antara lain,
penggunaan bahasa pada anak, aspek pada
penggunaan bahasa adalah narasi dan percakapan. Umumnya pada usia
ini, tugas komunikasi menjadi kompleks dan sulit , sehingga anak-anak
usia ini mengalami kesulitan untuk memahami perasann orang lain, lalu
anak usia 5-6 tahun cenderung kurang mampu mengkomunikasikan informasi
dari anak yang lebih tua, jadi informasi yang abstrak belum mampu
dikomuikasikan pada anak-anak.
Lalu meningkatnya jumlah pembendaharaan
dan spesifikasi definisi. Yaitu dalam masa pertumbuhan pemahaman kata
dan hubungannya berlangsung terus menerus, sehingga mereka dapat
memperkaya perbendaharaan katanya lebih banyak melalui bacaan-bacaan
yang sifatnya konstekstual, peningkatan tersebut mungkin setelah kelas
empat SD. Namun walaupun terjadi peningkatan perbendaharaan kata
tidak selalu anak dapat memahami makna suatu kata atau kalimat.
Karena, dapat terjadi bila anak tidak menguasai perbendaharaan dari
semua kata di dalam kalimat, tapi anak itu dapat memahami makna kata
atau kalimat secara tepat. Sebaliknya, anak yang menguasai arti dari
seluruh kata dalam suatu kalimat tertentu tidak dapat memahami makna
kata atau suatu kalimat. Untuk itu dalam memaknai suatu kata ataupun
kalimat diperlukan lebih banyak kemampuan menjustifikasi suatu kata
atau kalimat daripada sekedar mengetahui arti kata.
Selanjutnya, pengembangan sintaksis
yang ada dan pemerolehan bentuk-bentuk baru secara simultan. Yaitu
anak yang terus menerus mengembangkan kalimat dengan mengelobarasikan
kata benda dan kata kerja. Penyatuan dan pemahaman fungsi terus
berkembang. Struktur tambahan mencakup bentuk kalimat pasif. Dalam
perkembangan morpologi pada anak kelas awal SD dapat ditandai dengan
penggunaan kata imbuhan awalan, dan paling sulit yang hadapi anak
yaitu menenai penggunaan sisipan.
Perkembangan membaca dan menulis, perlu
diketahui bahwa faktor yang berpengaruh pada pembaca yang baik yaitu
kesediaan orang tua untuk menyediakan serta menciptakan lingkungan
kondusif di rumah bagi perkembangan kemampuan membaca melalui
penyediaan bacaan. Membaca bersama-sama merupakan aktivitas yang
bernilai sosial tinggi yang melibatkan secara aktif orang tua dan anak.
Ada tumpang tindih antara menbaca dan menulis, umumnya, penulis yang
baik adalah pembaca yang baik pula. Sebaliknya, proses menulis
berkaitan dengan kegiatan menggambar yang menunjukkan simbolis,
sehingga anak yang kemampuan melukisnya bagus maka menulisnya juga
bagus.
Menciptakan perkembangan bahasa yang optimal di KBM SD
Untuk menuntun anak dalam mengenai
perkembangan bahasa itu sangat penting. Karena dapat membantu anak
berkomunikasi dengan baik dan ank tersebut tentunya akan mengerti
tentang pemahaman-pemahaman tertentu. Untuk itu perlu sekolah terutama
di setiap kelas suatu pembelaajaran yang efektif sehingga perkembangan
bahasanya bisa berjalan secara optimal.
Pembelajaran yang optimal maka sangat
perlu bahasa yang komunikatif yang memungkinkan semua pihak yang
terlibat dalam interaksi belajar mengajar dapat berperan secara aktif
dan produktif. Bahasa itu merupakan alat komunikasi dalam pergaulan
social sehingga dengan komunikasi bisa menghasilkan pembelajaran
efektif untuk mendapat pendidikan yang optimal. apabila guru dan siswa
saling komunikasi dengan baik dan anak mengerti apa yang dikatakan
oleh seorang guru, tentunya dapat menghasilkan pembelajaran yang
optimal. untuk itu, diharapkan seorang guru agar menggunakan bahasa
anak di dalam kelas daripada bahasa orang dewasa.
Dari terjalinnya suatu komunikatif
antara seorang guru dan peserta didik, tentunya pemberian lingkungan
kondusif bagi perkembangan bahasa itu sangat penting. Dengan adanya
lingkungan kondusif yang tercipta sesuai dengan kebutuhan anak untuk
perkembangan bahasa pada saatnya, akan berdampak sangat positif
terhadap perkembangan bahasa anak, tidak hanya sebagai pengguna bahasa
yang pasif, tapi juga menjadi pengguna bahasa yang aktif. Untuk
menciptakan suatu lingkungan kondusif dikelas yaitu pengaturan tata
letak meja kursi dan lainnya, dan juga suara seorang guru agar tidak
begitu lirih di dalam kelas, sehingga seorang guru harus mengatur
suaranya agar dapat di dengar siswa semuanya.
0 komentar:
Posting Komentar