PEDOMAN PENILAIAN DALAM RPP



TUGAS KELOMPOK
BAHASA INDONESIA
(Tugas II)


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012

TUGAS II
A. Setelah kalian berlatih mengembangkan kerangka karangan cerita/narasi, kerjakan tugas berikut!
1.      Tentukan judul karangan cerita yang bertema pengalaman yang menarik!
2.      Buatlah kerangka karangan cerita tersebut!
3.      Kembangkan kerangka karangan  tersebut menjadi karangan cerita yang utuh dan padu.
4.      Penulisan karangan harus memperhatikan penggunaan ejaan yang tepat.


B.  PENILAIAN
1.    Penilaian Hasil
a.      Aspek yang Dinilai
1)      Tata Bahasa Penulisan Karangan
2)      Isi Karangan
3)      Penyajian Karangan
No
Nama siswa
Aspek yang Dinilai
Skor akhir
Tata Bahasa Karangan
Isi Karangan
Penyajian Karangan

1





2





3





4





5





6





Skor kuantitatif (angka skala 100)



b.      Deskriptor Penilaian:
1)   Tata Bahasa Penulisan Karangan
                                              a)     Penulisan karangan sesuai dengan EYD
                                              b)     Bahasa efektif
                                              c)     Pemilihan kosakata yang tepat
2)      Isi Karangan
                                              a)     Kesesuaian judul dengan tema
                                              b)     Mengungkapkan gagasan dengan jelas
                                              c)     Keruntutan dan keterkaitan antar gagasan
                                             d)     Kesesuaian kerangka karangan dengan judul
3)   Penyajian Karangan
                                              a)     Kerapian tulisan
                                              b)     Kebersihan tulisan
c.       Teknik Penskoran
No
Aspek yang dinilai
Skor
1.

  2.



3.
Tata Bahasa Penulisan Karangan
a.    Penulisan karangan sesuai dengan EYD
b.    Bahasa efektif
c.    Penggunaan kosakata yang tepat
Isi Karangan
a.       Kesesuaian judul dengan tema
b.      Mengungkapkan gagasan dengan jelas
c.       Keruntutan dan keterkaitan alur cerita
d.      Keterkaitan kerangka karangan dengan judul
Penyajian Karangan
a.       Kerapian tulisan
b.      Kebersihan tulisan

6 – 10
3 - 5
35

9 – 15
12 20
12 20
9-15

35
35

Skor minimal
Skor maksimal
60

100
2.      Penilaian Proses
a.      Aspek yang Dinilai
No
Nama siswa
Aspek yang Dinilai
Skor akhir
Keaktifan
Kesungguhan

1




2




3




Skor kuantitatif (angka skala 100)
b.      Deskriptor Penilaian:
1)        Keaktifan
                                                                 a)          Aktif bertanya pada guru
                                                                 b)          Aktif menjawab pertanyaan guru
                                                                 c)          Aktif mengajukan pendapat
                                                                d)          Aktif menanggapi pendapat teman
2)        Kesungguhan
                                                                 a)          Sungguh-sungguh dalam mengikuti pelajaran
                                                                 b)          Sungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas
                                                                 c)          Sungguh-sungguh dalam bertanya kepada guru
                                                                d)          Sungguh-sungguh dalam menjawab pertanyaan guru
c.       Teknik Penskoran
Memenuhi 4 deskriptor                       : 90-100
Memenuhi 3 deskriptor                       : 80-89
Hanya memenuhi 2 deskriptor            : 70-79
Hanya memenuhi 1 deskriptor            : 60-69

                              Keaktifan + Kesungguhan
Skor Akhir =                                                          =  100
                                               2
                              100 + 100
Skor Akhir =                               =  100
                                    2

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar