TUGAS KELOMPOK
BAHASA INDONESIA
(Tugas II)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2012
TUGAS II
A. Setelah kalian berlatih
mengembangkan kerangka karangan cerita/narasi, kerjakan tugas
berikut!
1.
Tentukan
judul karangan cerita yang bertema pengalaman yang menarik!
2.
Buatlah
kerangka karangan cerita tersebut!
3.
Kembangkan
kerangka karangan tersebut menjadi
karangan cerita yang utuh dan padu.
4.
Penulisan
karangan harus memperhatikan penggunaan ejaan yang tepat.
B. PENILAIAN
1.
Penilaian
Hasil
a.
Aspek yang Dinilai
1) Tata
Bahasa Penulisan
Karangan
2) Isi Karangan
3) Penyajian Karangan
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor akhir
|
||
Tata
Bahasa Karangan
|
Isi Karangan
|
Penyajian Karangan
|
|
||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
Skor kuantitatif
(angka skala 100)
b. Deskriptor
Penilaian:
1) Tata
Bahasa Penulisan
Karangan
a) Penulisan
karangan
sesuai dengan EYD
b) Bahasa efektif
c) Pemilihan
kosakata yang tepat
2) Isi Karangan
a) Kesesuaian
judul dengan tema
b) Mengungkapkan gagasan dengan jelas
c) Keruntutan
dan keterkaitan antar
gagasan
d) Kesesuaian
kerangka karangan dengan judul
3) Penyajian Karangan
a) Kerapian
tulisan
b) Kebersihan
tulisan
c. Teknik
Penskoran
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Tata
Bahasa Penulisan Karangan
a. Penulisan
karangan
sesuai dengan EYD
b. Bahasa efektif
c. Penggunaan
kosakata yang tepat
Isi Karangan
a. Kesesuaian
judul dengan tema
b. Mengungkapkan gagasan dengan jelas
c. Keruntutan dan keterkaitan alur cerita
d.
Keterkaitan kerangka karangan
dengan judul
Penyajian Karangan
a.
Kerapian tulisan
b.
Kebersihan tulisan
|
6
– 10
3
- 5
3 – 5
9 – 15
12 – 20
12 – 20
9-15
3 – 5
3 – 5
|
|
Skor minimal
Skor maksimal
|
60
100
|
2. Penilaian
Proses
a. Aspek
yang Dinilai
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor akhir
|
|
Keaktifan
|
Kesungguhan
|
|
||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
Skor kuantitatif
(angka skala 100)
b. Deskriptor
Penilaian:
1)
Keaktifan
a)
Aktif
bertanya pada guru
b)
Aktif
menjawab pertanyaan guru
c)
Aktif
mengajukan pendapat
d)
Aktif
menanggapi pendapat teman
2)
Kesungguhan
a)
Sungguh-sungguh
dalam mengikuti pelajaran
b)
Sungguh-sungguh
dalam mengerjakan tugas
c)
Sungguh-sungguh
dalam bertanya kepada guru
d)
Sungguh-sungguh
dalam menjawab pertanyaan guru
c. Teknik
Penskoran
Memenuhi 4
deskriptor : 90-100
Memenuhi 3
deskriptor : 80-89
Hanya memenuhi 2
deskriptor : 70-79
Hanya memenuhi 1
deskriptor : 60-69
Keaktifan + Kesungguhan
Skor Akhir =
= 100
2
100 + 100
Skor
Akhir = = 100
2
0 komentar:
Posting Komentar